Rabu, 08 Mei 2013

BONSAI POHON BERINGIN

Beringin,,,ya, sebuah spesies tanaman yang telah banyak sekali kita ketahui. Tahukah anda bahwa dalam dunia bonsai, pecinta bonsai yang masih pemula biasanya menyukai beringin sebagai pilihannya. Kenapa ? Menurut mereka, beringin mudah dibentuk dan mudah sekali pertumbuhannya. Pemula menyukai pohon ini karena sifatnya yang bandel dan tidak menuntut lingkungan untuk dia hidup kaya akan hara, tidak rewel dalam pengurusan. Selain itu keunggulan pohon beringin adalah mudahnya ranting dibentuk sedemikian rupa, sesuai kehendak yang membuat.

Namun, tahukah anda bahwa sebetulnya membuat bonsai dari beringin adalah paling sulit ? Alasan ini saya kemukakan karena banyak sekali orang yang menganggap bahwa membuat bonsai dari beringin sangat mudah. Coba anda buat sendiri bonsai beringin yang sesuai kriteria, busyet dah susah banget. Balancing antara tajuk dengan tinggi pohon lah yang biasanya membawa masalah, selain itu kadang juga si beringin ini malas mengeluarkan ranting atau cabang. Jika tanah dalam pot subur, maka akan tumbuh ranting banyak sekali. Namun ketika tanah menjadi subur, daun menjadi membesar dan ini mengakibatkan ketidak sesuaian bentuk bonsai.

Ficus retusa, Ficus Microcarpa, Ficus Benyamina dan Ficus glauca hanya merupakan sebagian kecil pohon dari kelas ficus. Di alam liar masih banyak ficus ficus lain yang masih menunggu sentuhan. Oleh karena itulah, ketika anda mendengar kata kata Ficus, jangan lantas dalam fikiran anda itu membayangkan sebuah pohon beringin. Beringin hanya merupakan salah satu Species saja. 

Untuk jelasnya saya sertakan beberapa Foto foto bonsai dari kelas Ficus.


Keren, angker, membuat mata kita terbelalak takjub. Perakaran yang kokoh menopang penampilan bonsai ini.

Dapatkah anda membayangkan jika pohon ini betul betul besar ? apakah yang akan anda lakukan dibawah pohon tersebut ? Tidurankah ? atau ?

Tangan tangan dan jari jari pohon ini sempurna, nah,,,apakah anda bisa melakukan ini ? Saya yakin jika anda rajin melakukan pemeliharaan yang optimal, hasilnya akan menjadi seperti ini.


Bonsai ini adalah dari kelas Ficus Retusa.


Lihatlah perakaran yang kokoh..


keren…