Jumat, 03 Mei 2013

Samsung Berhenti Pasok Layar LCD ke Apple


Samsung  akan menghentikan pasokan komponen panel LCD ke Apple mulai tahun 2013. Hal tersebut disampaikan oleh seorang penjabat senior Samsung yang menolak disebutkan namanya hari Senin (22/10/2012) kemarin.

Perusahaan Korea itu, menurut sang pejabat, tidak bisa mengikuti permintaan Apple terkait harga panel LCD yang mengecilkan margin keuntungan Samsung.

"Samsung telah memangkas kiriman layar LCD ke Apple, dan mulai tahun depan tak akan lagi memasok komponen tersebut," ujar sumber itu pada harian The Korea Times, seperti dikutip olehTechCrunch.

Menurut analis pasar DisplaySearch, Samsung adalah pemasok terbesar komponen panel LCD ke Apple selama 6 bulan pertama tahun 2012 dengan angka pengiriman melebihi 15 juta unit LCD. Pemasok terbesar kedua adalah LG yang mengirim 12,5 juta unit layar, diikuti Sharp dengan kiriman 2,8 juta unit.

"Akan tetapi, Samsung mengapalkan kurang dari 3 juta unit ke Apple selama kuartal ketiga tahun ini. Angka kiriman di kuartal empat diperkirakan kembali turun ke angka 1,5 juta unit."

Kerja sama penyediaan komponen antara Samsung dan Apple telah berlangsung selama bertahun-tahun, tetapi hubungan kedua perusahaan tersebut belakangan meretak. Penyebab keretakan itu kabarnya tak lain adalah sengketa paten yang melibatkan divisi produk konsumen Samsung dan Apple.

Sebelumnya, Apple disebutkan bakal mengalihkan produksi cip baru A7 untuk gadget masa depan miliknya ke Taiwan Semiconductor Manufacturing (TSMC). Selama ini, produksi cip seri A milik Apple—termasuk A6 yang digunakan pada iPhone 5—ditangani oleh Samsung.

Samsung juga tidak dilibatkan dalam penyediaan komponen layar untuk gadget terbaru Apple, iPad Mini, yang kabarnya akan diluncurkan tanggal 23 Oktober mendatang.

Samsung sendiri dilaporkan mendapat pesanan komponen display lebih banyak dari divisiconsumer electronics perusahaan tersebut, dan dari Amazon yang merupakan salah satu pesaing Apple di bisnis tablet. Tambahan pesanan ini disebut bisa menutupi kerugian akibat hilangnya kerja sama dengan Apple.